Friday, February 12, 2010

Apa itu Chlorella?

Chlorella adalah salah satu jenis ganggang hijau (green algae) yang telah ada dibumi sejak sekitar 2,5 miliar tahun yang lalu. Ganggang atau algae merupakan kumpulan tumbuhan bersel saru, berkoloni atau bersel banyak, tidak mempunyai akar, batang atau daun sebenarnya tetapi telah memiliki inti sejati.

Chlorella tidak mengalami mutasi sifat genetik. Ini dikarenakan chlorella punya kestabilan sifat genetik terhadap pengaruh luar di mana daya dan mekanisme perbaikan DNA-nya yang tinggi sangat bermanfaat untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan ekstrim, serta bentuk dan sifat dinding selnya yang sangat kuat.

Kata chlorella terbentuk dari suku kata, "chlor" yang artinya hijau dan "ella" yang berarti kecil. Jadi chlorella adalah tumbuh-tumbuhan ukurannya kecil dan berwarna hijau. Chlorella berukuran 3-15 mikron (1 mikron=1/1000 mm), sehingga tidak memungkinkan untuk dilihat dengan mata telanjang, tetapi harus menggunakan alat bantu mikroskop.

Di bumi ini ditemukan sebanyak 25.000 jenis chlorella. Sun Chlorella. Ltd. memilih untuk membudidayakan Chlorella pyrenoidosa karena memiliki sifat dan kandungan gizi/nutrisi paling baik dibandingkan dengan chlorella jenis lain.

No comments:

Post a Comment